Monday, November 15, 2010

Keterkaitan Bencana dan Kekuatan militer




Bencana yang sering melanda Indonesia selalu meninggalkan luka yang mendalam juga membuat repot pemerintah.

Namun dibalik semua itu ternyata ada nilai posotif yang bisa diambil dari "repotnya pemerintah" secara tidak langsung tanggap darurat yang dilaksanakan pemerintah terbilang berhasil,tidak main-main kita dicoba dengan tinga bencana sekaligus,di Mentawai,DIY dan Papua.

Nilai positif yang saya maksud adalah kesigapan militer Indonesia untuk membantu para korban bencana ,walaupun ada 3 bencana sekaligus ternyata militer kita mampu untuk terjun langsung.Semua pasukan diarahkan untuk membantu para korban juga mengirim makanan,evakuasi dan membangun infrastruktur.

Nilai postif yang kedua adalah mampunya pemerintah kita memberi komando yang tegas,cepat dan tepat dalam menangani bencana.

Nilai postif yang ketiga adalah tumbuhnya rasa kebersamaan diantara elemen bangsa,saling tolong dan banyak dari elemen bangsa ini merespon bencana dengan spontan sehingga mereka rela memberikan sumbangan dengan cepat.


Lalu dimanakah letak hubungan antar bencana dan militer kita ?,saya akan uraikan hal ini dalam tiga poin:

1.Sikap tanggap cepat dari militer menunjukkan tingkat kesiapan mereka jika sewaktu-waktu pihak musuh menyerang NKRI,dalam hal ini ternyata prajurit TNI sangat cepat tanggap dan itu menunjukkan "menghalau musuh jau diluar sebelum masuk NKRI"

2.Pemerintah bisa mengatasi jika kemungkinan perang terjadi dibeberapa wilayah NKRI,pengiriman pasukan yang cepat dan penyebaran dalam skala besar.Hal ini dilihat dari bencana yang terjadi di Indonesia tidak hanya disatu daerah namun meliputi tiga daerah sekaligus.

3.Rakyat ini ternyata sangat mencintai negerinya,jika suatu saat perang besar terjadi dipastikan rakyat dan TNI akan bahu membahu untuk perang melawan musuh,membantu dengan uang dan materi yang dimilikinya.

Gambaran diatas sangat jelas dan realita.

0 comments: